Rabu, 02 Desember 2009

Proposal pembangunan



Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  1. PENDAHULUAN
    Alhamdulillah, segala puji hanyalah milik Allah SWT dan syukur senantiasa kita kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat, nikmat, taufik dan hidayahNya. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan keselamatan atas junjungan kita Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, keluarga dan para pengikut yang setia hingga akhir jaman nanti.
    Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kebutuhan hidup manusia terdiri dari kebutuhan jasmani maupun ruhani. Kebutuhan jasmani adalah terpenuhinya kebutuhan biologis seperti makan/minum, olah raga dan istirahat. Sementara kebutuhan ruhani merupakan kebutuhan jiwa manusia yang meliputi antara lain kebutuhan akan pendidikan/ilmu, beribadah (beragama) dan aktifitas sosial lainnya. Dalam Al-Qur’an dan Hadits banyak sekali dijelaskan mengenai betapa pentingnya menuntut ilmu, beribadah, berinteraksi dengan masyarakat (sosial) dan menjaga kesehatan fisik/tubuh.
    Oleh karena itulah bahwa disetiap pemukiman penduduk sarana untuk menunjang kebutuhan tersebut senantiasa dibangun dan diadakan. Dalam tataran pemerintahan diatur ketentuan mengenai sarana sosial dan sarana umum yang wajib disediakan baik oleh pemerintah maupun para pengembang pemukiman.
    Pengembang Perumahan Pondok Surya Mandala telah menyiapkan lahan siap bangun yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat penghuni perumahan untuk memenuhi kebutuhan dimaksud. Namun keterbatasan dana yang dimiliki masyarakat, pada umumnya pemanfaatan lahan dimaksud dilakukan secara bertahap dan melibatkan banyak pihak termasuk pemerintah daerah untuk mewujudkannya.
    Pemanfaatan lahan di Pondok Surya Mandala oleh masyarakat setempat dilakukan secara bertahap. Dimulai pada tahun 1992 dibangun sebuah mushola kecil yang diberi nama “ Mushola At Taqwa” dengan ukuran bangunan 8m X 8m untuk pelaksanaan sholat berjamaah lima waktu. Dengan berjalannya waktu dan perkembangan jumlah penduduk mushola tersebut berubah fungsi menjadi Masjid At Taqwa untuk pelaksanaan sholat Jumat dan Sholat Taraweh serta Iedul Fitri dan Iedul Adha. Dengan ukuran bangunan yang sangat kecil tersebut, saat ini tidak dapat lagi menampung jumlah jamaah yang dalam event tertentu bisa mencapai 1.500–2.000 jamaah. Sementara itu lahan yang tersedia masih cukup luas dan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembangunan masjid.
  2. SEJARAH BERDIRINYA MASJID AT TAQWA
    1. Mushola At Taqwa
    Mushola At Taqwa didirikan pada pertengahan tahun 1991 oleh warga Pondok Surya Mandala yang hanya dimotori oleh warga satu RT. Untuk mendirikan Mushola At Taqwa diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar baik berupa biaya, pikiran maupun tenaga. Sumber dana untuk pembangunan dihimpun dari warga komplek dan sumbangan masyarakat diluar komplek Pondok Surya Mandala. Dengan berdirinya Mushola At Taqwa maka mulailah dibangun jamaah At Taqwa. Sejarah panjang perjalanan Mushola At Taqwa berkisar antara tahun 1991 – 2001 yaitu sejak berdirinya hingga berubah menjadi Dewan Kemakmuran Mushola At Taqwa.
    2. Dewan Kemakmuran Mushola At Taqwa
    Melihat perkembangan pengelolaan Mushola dan peningkatan jumlah jamaah yang sangat baik, pada tahun 2001 disusun AD/ART Dewan Kemakmuran Mushola (DKM) At Taqwa untuk mengelola Mushola. Penyusunan tersebut dilandasi pemikiran agar fondasi dan penyempurnaan pengelolaan Mushola yang telah dilakukan, dapat dipertahankan dan diteruskan oleh kepengurusan berikutnya.
    3. DKJ Masjid At Taqwa
    DKJ Masjid At Taqwa merupakan kelanjutan dari DKM At Taqwa yang berubah karena peningkatan peran mushola menjadi masjid (6 September 2002). Dengan perubahan tersebut aktifitas masjid bertambah yaitu penyelenggaraan sholat Jumat. Selain itu juga muncul kebutuhan jamaah untuk mengembangkan bidang pendidikan dan ekonomi sehingga dirasa perlu untuk dibentuk sutau badan hukum. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pada tanggal 27 September 2003 dilaksanakan sidang Jamaah Masjid At Taqwa untuk membubarkan DKJ At Taqwa dan mendirikan Yayasan Masjid At Taqwa (YMAT).
    4. Yayasan Masjid At Taqwa
    Dari uraian singkat diatas, sejarah panjang telah dilalui oleh jamaah At Taqwa untuk mendirikan suatu lembaga da’wah yang disebut YMAT. YMAT didirikan oleh masyarakat dan diberikan kepercayaan untuk mengelola operasional masjid dan da’wah di Pondok Surya Mandala. YMAT hanyalah pihak yang diberikan amanah untuk mengelola Masjid dan bertanggungjawab atas keberlangsungan da’wah di Pondok Surya Mandala. YMAT bukan penguasa dan pemilik lahan sarana sosial. Sehingga setiap pengelolaan dan pembangunan lahan merupakan kewenangan pemerintah daerah yang dalam hal ini dikelola oleh masyarakat penghuni perumahan melalui Pengurus RW 13.

  3. KONDISI MASJID AT TAQWA SAAT INI
    1. Fasilitas Bangunan
    Sebagaimana diuraikan di atas bahwa pendirian Masjid ketika itu diawali dari kondisi serba terbatas, maka konstruksi dan posisi Masjid disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat itu. Kondisi dan posisi masjid dapat dilihat dalam gambar denah lampiran 1.
    2. Kegiatan Da’wah Masjid At Taqwa
    Berbagai kegiatan da’wah yang dilakukan Masjid At Taqwa saat ini dapat diuraikan sebagai berikut.
    a. Kegiatan Harian / Mingguan
    i. Sholat berjamaah lima waktu
    ii. Kajian Tahsin
    iii. Kursus Bahasa Arab
    iv. Kajian Ahad Pagi
    v. Bimbingan Belajar (kerjasama dengan Yayasan Dompet Amal Amanah)
    vi. Taman Pendidikan Al Quran (TPA)
    b. Kegiatan Bulanan
    i. Kajian Bulanan
    ii. Pengelolaan ZIS
    iii. Gathering Jamaah (kerja bakti jamaah)
    c. Kegiatan Tahunan
    i. Pelaksanaan Sholat Taraweh
    ii. Pelaksanaan Sholat Iedul Fitri
    iii. Pelaksanaan Sholat Iedul Adha
    iv. Penyembelihan hewan Qurban
    v. Pendistribusian Zakat Fitrah
    d. Kegiatan insidential
    i. Pengelolaan jenazah
    ii. Penggalangan Bantuan Bencana Alam
    iii. Seminar/ Pelatihan


  4. RENCANA PEMBANGUNAN MASJID AT TAQWA
    Pembangunan Masjid At Taqwa dan penataan areal sekitar masjid dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut :
    1. Tahap 1.
    Pembangunan tahap 1 meliputi pembangunan Masjid baru At Taqwa dengan luas tanah 336 meter persegi dan bangunan 581 meter persegi (bertingkat) dengan perkiraan anggaran anggaran sebesar Rp. 1,619,150,512.50.
    2. Tahap 2
    Setelah tahap 1 selesai dan bangunan dapat digunakan untuk aktifitas ibadah, dilanjutkan untuk melakukan pembangunan tahap 2 yaitu meliputi pembongkaran bangunan lama, pembangunan tempat wudhu, sekretariat dan gedung TPA dengan perkiraan anggaran sebesar Rp. 452,413,108.08.
    3. Tahap 3
    Tahapan ke -3 atau tahapan terakhir adalah penataan lapangan untuk pelaksanaan sholat Ied dan sarana kegiatan sosial masyarakat. Diperkirakan untuk menata lahan dimaksud dibutuhkan anggaran sebesar Rp. 81,309,000.00
    Gambar Layout sebagaimana gambar dibawah ini, sedangkan detail gambar teknis sebagaimana gambar lampiran 2.


  5. URGENSI PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN DARUD DZIKRI TAHAP-3
    Sebagaimana uraian di atas, Pembangunan Masjid Baru At Taqwa saat ini sangat mendesak untuk segera dilaksanakan mengingat :
    1. Perkembangan aktifitas jamaah dan da’wah yang ada di lingkungan masyarakat Pondok Surya Mandala.
    2. Masjid yang ada saat ini tidak dapat lagi menampung jamaah, khususnya pada saat sholat Jumat, taraweh dan sholat ied. Luas bagunan utama masjid hanya 8 m X 8 m ditambah bangunan tambahan berupa emperan tidak dapat menampung jamaah sholat Jumat yang mencapai 500 – 750 jamaah dan pada event-event tertentu yang mencapai 1.500 – 2.000 jamaah.
    3. Posisi lantai masjid saat ini lebih rendah dari emperan dan tidak lebih tinggi dari jalan, sehingga ketika terjadi hujan deras dan atau banjir, masjid tidak dapat digunakan untuk melaksanakan sholat berjamaah. Apabila dilakukan pengurukan lantai, ruangan masjid akan menjadi sangat pendek dan sumpek.
    4. Arah kiblat bangunan masjid saat ini belum sejajar dengan arah yang seharusnya, sehingga shaf sholat berjamaah terpaksa disusun miring. Kondisi tersebut semakin mengurangi kapasitas jamaah yang dapat ditampung didalam ruang masjid.
    5. Dalam pelaksanaan sholat berjamaah, ceramah agama dan kegiatan lainnya, jamaah perempuan terpaksa harus berada diluar ruang utama masjid (emperan) karena tidak mendapat tempat diruangan masjid. Hal tersebut karena keterbatasan kapasitas ruangan utama masjid.
    6. Posisi masjid saat ini kurang strategis karena berada di ujung/tepi lahan fasos dan berbatasan dengan lahan kosong/semak-semak dan gardu listrik, sehingga tidak memiliki halaman.
    7. Dengan membangun masjid baru yang terpisah dari masjid yang ada saat ini, maka harapan berdirinya masjid yang representatif, indah dan memenuhi kebutuhan jamaah tanpa dapat terwujud tanpa harus mengganggu kegiatan peribadatan rutin selama proses pembangunan berjalan.
  6. RENCANA ANGGARAN DAN SUMBER DANA
    1. Pembangunan Masjid At Taqwa dan penataan areal sekitar masjid diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp 2,177,872,620.58 dengan rincian sebagai berikut.

    Rekapitulasi Rencana Anggaran Dan Biaya
    Pembanguan Masjid At Taqwa
    No Jenis Pekerjaan Luas (m2) Nominal
    I PEMBANGUNAN MASJID
    A BANGUNAN UTAMA MASJID
    1 Lantai Bawah dan Selasar / Teras Rp. 755,471,250.00
    2 lantai Atas Dan Selasar / Teras Rp. 601,098,312.50
    3 Atap dan Kubah Rp. 262,580,950.00
    B TEMPAT WUDHU
    1 Tempat Wudhu Pria Rp. 20,500,000.00
    2 Tempat Wudhu Wanita Rp. 20,500,000.00
    C KAMAR MANDI/WC/URINOIR Rp. 37,500,000.00
    D SEPTICTANK 1 Unit Rp. 5,500,000.00
    E SEKRETARIAT, PERPUSTAKAAN, GUDANG (LT 1 & 2) Rp. 108,000,000.00
    F BANGUNAN TPA ( LT 1 & LT 2) Rp. 126,000,000.00
    G RUANG MARBOT MASJID Rp. 35,100,000.00
    H RUANG GENSET Rp. 8,000,000.00
    I HALAMAN MASJID Rp. 31,200,000.00
    J TAMAN Rp. 3,033,108.08
    K PINTU & PAGAR MASJID Rp. 57,080,000.00
    Total Pembangunan Masjid Rp. 2,071,563,620.58
    II PENATAAN AREAL MASJID
    A Lapangan Sholat 'Ied dan Sarana Olah Raga

    1 Jalur Lingkar Lapangan /Jogging Track Rp. 9,744,000.00
    2 Lapangan Keras (Beton) Rp. 32,000,000.00
    3 Lapangan Rumput Rp. 13,140,000.00
    B Pagar Keliling Lapangan Sholat 'Ied Rp. 26,425,000.00
    Total Penataan Areal Masjid At Taqwa Rp. 81,309,000.00
    III PERIJINAN DAN BIAYA LAIN-LAIN 25,000,000.00

    Total Biaya Keseluruhan 2,177,872,620.58

    2. Adapun dana tersebut diharapkan dapat diperoleh dari Departemen Agama, Pemerintah Daerah, Lembaga/Instansi/Organisasi yang bersifat tidak mengikat, serta dari Masyarakat dan Donatur yang memiliki kepedulian terhadap dakwah dan syi’ar Islam dimanapun meraka berada.
  7. SUSUNAN PANITIA PEMBANGUNAN
    Untuk melaksanakan pekerjaan tersebut telah dibentuk susunan Panitia berdasarkan Surat Keputusan Ketua RW Nomor 292 sebagaimana lampiran 3.
  8. BENTUK SUMBANGAN DAN REKENING PENAMPUNGAN
    Panitia siap menerima sumbangan dari Departemen Agama, Pemerintah Daerah, Lembaga/Instansi/Organisasi yang bersifat tidak mengikat, serta dari Masyarakat dan Donatur yang memiliki kepedulian terhadap dakwah dan syi’ar Islam dimanapun meraka berada baik dalam bentuk cash maupun material bahan bangunan.
    a. Sumbangan Dana Langsung kepada bendahara panitia di Pondok Surya Mandala – Blok J1 No.1 Telp. 8227151, 82429577 atau 8213304.
    b. Setor tunai atau transfer ke rekening Panitia Pembangunan:
    BANK SYARIAH MANDIRI - KC KALI MALANG NO. REKG 0697054110 A/N SISWANTYASMONO QQ AT TAQWA.
    Atau Transfer dapat dilakukan melalui ATM semua bank (ATM Bersama dan ATM Rintis/BCA),SKNBI (Kliring) dan BI-RTGS,
    c. Sumbangan Dana melalui Kupon Investasi Akhirat. Untuk warga Pondok Surya Mandala kupon dapat diperoleh melalui pengurus RT.
    d. Sumbangan melalui KOTAK INFAQ yang disiapkan ditempat yang ramai dikunjungi masyarakat (toko dan lainnya) disekitar Pondok Surya Mandala.
    e. Infak dengan cara membiayai salah satu unsur bangunan (biaya tiang, biaya kusen, biaya kubah, dan biaya unsur bangunan lainnya). Untuk itu agar berkonsultasi dengan panitia untuk memilih unsur bangunan mana yang akan dibiayai.
    f. Selain dalam bentuk dana, partisipasi dan investasi akhirat dapat berupa material bahan bangunan. Hubungi tim teknis/pelaksana proyek untuk berkonsultasi mengenai material apa yang diperlukan dan akan anda sumbangkan.
    Demikian atas perhatian, bantuan, dukungan, dan doa dari segenap kaum muslimin dimanapun berada, kami ucapkan terimakasih. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan balasan kebaikan yang berlipat. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

    Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Bekasi, 2 Desember 2009
    PANITIA PEMBANGUNAN


    Amat Yunus Nodwi
    Ketua Sekretaris

    Mengetahui
    Pengurus RW 13 Pondok Surya Mandala


    Kusyono
    Ketua



    Barangsiapa mendirikan karena Allah sesuatu Masjid, niscaya Allah mendirikan untuknya seperti yang ia telah dirikan itu, di dalam Syurga.
    (HR. Bukhori dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar